Lanjut dari artikel sebelumnya , kita asumsikan Anda telah mengumpulkan informasi PTN/PTS dan jurusannya, Anda juga sudah mulai memilah-milah PTN/PTS dan jurusannya.

Pertanyaan berikutnya berhubungan dengan motivasi, percaya bahwa tidak ada yang jurusan yang tepat dan tidak ada jurusan yang salah bagi siapa saja bisa dijadikan mind-set untuk memotivasi. Bukan jurusan yang anda pilih yang akan menentukan jalan yang akan Anda tempuh masa depan tetapi karakter pribadi dan kemampuan beradaptasi. Langkah selanjutnya adalah menjawab pertanyaan berikut:

Bidang ilmu apa yang ingin Anda perdalam?

  1. Pelajaran favorit Anda sewaktu SMA?
  2. Pelajaran yang bukan favorit Anda sewaktu SMA?
  3. Bidang ilmu yang berhubungan dengan pekerjaan sekarang?
  4. Bidang ilmu yang berhubungan dengan usaha anda sekarang?
  5. Bidang ilmu yang anda ambil ketika mengambil D3?
  6. Bidang ilmu yang menghasilkan keahlian yang dibutuhkan perusahaan di masa depan?
  7. Bidang ilmu yang dapat dijadikan modal untuk melanjutkan kuliah tingkat master (S2) di luar atau dalam negeri? (apabila Anda berencana untuk mengambil S2) ?
  8. Bidang ilmu yang dapat saling melengkapi dengan calon pasangan atau pasangan Anda? (why not?)
  9. Bidang ilmu yang belum pernah Anda coba sebelumnya? (apabila sudah pernah mencoba kuliah di jurusan tertentu atau sudah mendapat gelar sarjana dari jurusan tertentu)
  10. Bidang ilmu yang bisa memacu kreativitas Anda?
  11. Dan lain-lain..

Apabila anda sudah mendapat jawaban dari salah satu atau beberapa pertanyaan di atas, perkuat niat Anda, dan mulai cari informasi mendalam mengenai bidang ilmu yang akan anda dalami, karena ketika anda telah memilih satu jurusan anda masih bisa pindah dari jurusan tersebut tetapi apabila anda sudah menjalani kuliah di suatu jurusan beberapa semester dan ingin pindah bisa menjadi masalah baru. Untuk mendapat bayangan bagaimana menjalani kuliah di jurusan tertentu, salah satu cara termudah adalah mencari informasi mata kuliah yang harus di ambil untuk lulus dari jurusan tersebut.

Perlu diingat, tidak ada jurusan yang tidak membutuhkan Matematika, tetapi anda bisa cari informasi sejauh mana Matematika yang akan digunakan di mata kuliah di jurusan tertentu. Karena Anda telah lulus SMA/sederajat maka dapat diasumsikan anda telah memiliki bekal cukup untuk menghadapi mata kuliah yang memerlukan Matematika. Tetapi untuk yang baru akan melanjutkan kuliah setelah puluhan tahun meninggalkan bangku sekolah sepertinya anda perlu kembali mengingat-ingat dan mencari perubahan baru dalam Matematika. Satu lagi, kemampuan menggunakan aplikasi komputer akan sangat membantu selama menjalani kuliah juga kemampuan berbahasa asing atau Bahasa Inggris pada umumnya akan mempermudah Anda terutama untuk mencerna literatur dan informasi lebih banyak. Anda bisa lihat dari nilai yang Anda raih sewaktu SMA tetapi Anda juga dapat mengukur kemampuan dalam bidang Matematika, Komputer, dan Bahasa Asing.

Setelah melihat berbagai mata kuliah Anda pasti akan menemukan mata kuliah yang menarik meskipun Anda tidak tahu seperti apa nantinya bila anda menjalani mata kuliah tersebut. Di beberapa jurusan Anda bisa melihat mata kuliah yang bernama sama atau mirip, tetapi setiap mata kuliah akan disesuaikan dengan keperluan jurusan atau kurikulum pada jurusan tertentu.

Apabila sudah melalui langkah ini, Anda diharapkan sudah semakin fokus pada alternatif jurusan yang akan dipilih dan bila belum Anda dapat mengulang kembali langkah-langkah sebelumnya.

Pastikan Anda punya waktu dan sumber daya untuk menjalani jurusan yang menjadi alternatif pilihan. Perbanyak terima saran atau pengalaman dari teman, pacar, keluarga, rekan kerja, atasan, partner bisnis, atau siapa saja agar Anda dapat lebih yakin dengan jurusan yang akan anda pilih. Pertimbangkan juga reputasi PTN/PTS yang menawarkan jurusan yang akan Anda pilih, karena biaya dan lain-lain bisa Anda usahakan tetapi reputasi PTN/PTS sulit untuk dikira-kira perkembangannya di waktu mendatang. Salah satu caranya adalah melihat akreditasi BAN-PT pada jurusan-jurusan yang ditawarkan di PTN/PTS tertentu.

Pertanyaan selanjutnya:

Apakah Anda yakin, mau dan mampu menjalani kuliah sambil kerja atau apapun kesibukan anda sekarang ini?

  1. Ya
  2. Tidak

Apabila Anda menjawab “Ya”, Anda tinggal menentukan pilihan.

Apabila jawaban Anda “Tidak”, Anda bisa menghubungi Kul + Ker = Working Class Students untuk berbagi cerita mengenai hal yang membuat Anda tidak yakin dan kami akan coba berbagi pengalaman dengan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Welcome to the club, we’re working class students, we’re here with the passion for higher education.