Pengambilan keputusan pilihan jurusan yang akan diambil untuk kelas karyawan berbeda-beda untuk tiap calon working class student, ada yang mudah dan ada juga yang menjadi dilema tersendiri. Banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan, tapi dengan informasi yang lengkap dan motivasi yang kuat, seorang calon working class student dapat memfokuskan pilihan. Mari kita coba susun langkah-langkah dalam memilih jurusan dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini:

(Asumsi: Anda ingin meraih gelar sarjana dan berada di Jakarta, Indonesia)

Siapakah Anda?

  1. Pekerja yang belum lama lulus SMA atau sederajat?
  2. Pekerja yang ingin meneruskan kuliah ke jenjang sarjana dan telah memiliki ijazah D3?
  3. Wirausahawan lulusan SMA atau D3 yang ingin meraih gelar sarjana untuk mengembangkan usaha dan tidak mau kalah dengan partner dan pegawainya yang telah sarjana?
  4. Pekerja yang telah bekerja puluhan tahun di perusahaan yang sama tetapi tidak bisa dipromosikan ke level manajemen yang lebih tinggi?
  5. Mahasiswa yang pernah atau masih kuliah reguler tetapi karena satu dan lain hal tidak dapat meluluskan kuliah di PTN/PTS tertentu?

Sebelum lanjut ke pertanyaan selanjutnya, banyak cara mencari informasi, bisa dari teman, teman dekat atau keluarga, rekan kerja, atasan, brosur, iklan, dll.. tapi karena anda sedang membaca artikel ini di internet mari kita coba mencari informasi di internet. Dengan mesin pencari seperti Google kita bisa mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi yang membuka kelas orang-orang seperti Anda. Banyak keyword yang bisa Anda gunakan seperti: kelas karyawan, kelas eksekutif, program ekstensi, kuliah sambil kerja, kelas karyawan jakarta, biaya kuliah bisa dicicil, dll.

Dari Google saja kita bisa mengumpulkan informasi website PTN/PTS terutama di kota tempat Anda berada dalam hal ini Jakarta contohnya, selain itu anda bisa membaca berbagai artikel mengenai reputasi PTN/PTS tersebut dengan memasukkan nama PTN/PTS tersebut sebagai keyword. Dari website dan berbagai sumber anda bisa mendapatkan informasi jurusan-jurusan yang ditawarkan, akreditasinya dan fasilitas yang dimiliki.

Informasi sudah banyak didapat, tapi bagi calon-calon working class student No. 1 , No. 2 dan No. 5 dilema bisa terjadi waktu mereka mencoba membayangkan kuliah yang akan dijalani seperti apa bila memilih jurusan ini dan itu. Khusus untuk No. 5 meski telah berpengalaman tetapi dapat menjadi dilema ketika mereka mencoba melihat ke belakang mengapa mereka tidak lulus di PTN/PTS sebelumnya, apakah jurusan yang mereka pilih tidak cocok tetapi apabila mereka mengambil jurusan lain apakah nilai dari mata kuliah yang pernah mereka ambil bisa ditransfer ke jurusan yang akan mereka ambil.

Bersambung … Memilih Jurusan Untuk Kelas Karyawan (II)